Formula dan Fungsi pada MS Excel

formula excel
Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel pengguna dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar.




  1. Formula
    Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda +, -, *, /, dan ^.
    Operator Matematika
    Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) dan setelah siap memasukkan rumus harus menekan Enter
    + : Penjumlahan
    - : Pengurangan
    * : Perkalian
    / : Pembagian
    ^ : Perpangkatan
    % : Persentase
    Operator Perbandingan
    Untuk membandingkan 2 buah nilai. Hasilnya adalah TRUE atau FALSE, dengan kata lain nilai benar atau salah, diantarnya =, >, <, >=, <=, <>.
  2. Fungsi
    Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan istilah-istilah statistik, dan logika.
Fungsi Statis

FUNGSI KEGUNAAN PENULISAN
SUM Menjumlahkan sekumpulan data angka pada satu sel atau range tertentu =SUM(number1,number2,..)
MAX Mencari nilai terendah dari sekumpulan data atau range numerik =MIN(number1,number2,…)
MIN Mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data atau range numerik =MAX(number1,number2
AVERAGE Mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data atau range numerik =AVERAGE(number1,number2,…)
COUNT Menghitung jumlah data yang bersifat numerik dari suatu range yang dipilih. =COUNT(number1,number2,…)
COUNTA Menghitung jumlah semua jenis data dari suatu range =COUNTA (number1, number2,…)
COUNTIF Menghitung jumlah data atau cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu =COUNTIF (range,criteria)
SUMIF menjuml#ahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu =SUMIF (range,criteria,sum_range)

Fungsi Logika

FUNGSI KEGUNAAN PENULISAN
IF Menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenarannya =IF (logical_test,value_if_true,value_if_false)
IF bersarang Menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang diuji kebenarannya =IF (logical_test1,value_if_true,IF (logical_test1,value_if_truevalue_if_false))
IF OR Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruh argument salah =IF (OR(logical_test1,logicaltest2,value_if_true,value_if_false))
IF AND Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah satu argumen salah =IF (AND(logical_test1,logicaltest2,value_if_true,value_if_false))

Ok, Selanjutnya kita masuk ke bagian contoh... Silahkan diperhatikan, disini saya menggunakan MS. Excel 2013, mungkin terdapat perbedaan tanda dalam penulisan rumusnya, silahkan disesuaikan dengan versi MS Excel yang sobat gunakan.
Contoh untuk Fungsi Statis
fungsi pada excel
fungsi pada excel

Contoh untuk Fungsi Logika IF pada data dibawah, yaitu mengetahui mahasiswa lulus atau tidak dengan kriteria lulus yaitu nilai >= 70 dan tidak lulus jika nilai <70.
fungsi logika pada excel

Contoh untuk Fungsi Logika IF Bersarang pada data dibawah yaitu mengetahui mahasiswa yang mendapatkan nilai A jika nilai >=70, nilai B jika nilai 60-69 dan nilai C jika nilai 47-59
fungsi logika pada excel

Contoh untuk Fungsi Logika IF OR pada data dibawah yaitu mengetahui mahasiswa yang lulus jika salah satu nilai laporan 1,2 dan 3 mendapatkan nilai >= 70 dan tidak lulus jika semua nilai laporannya < 70.
fungsi logika pada excel

Contoh untuk Fungsi Logika IF AND pada data dibawah yaitumengetahui mahasiswa yang lulus jika semua nilai laporan 1,2 dan 3 mendapatkan nilai >= 70 dan tidak lulus jika salah satu nilai laporannya < 70.
fungsi logika pada excel

Penjelasannya.
  1. SUM
    SUM merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada range tertentu yang dipilih, dalam kasus diatas yang dijumlahkan adalah nilai alpro pada cell E4 sampai E13.
  2. AVERAGE
    AVERAGE merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data atau range numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai rata-ratanya adalah cell E4 sampai E13.
  3. MAX
    MAX merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari atau menampilkan nilai terbesar dari suatu range data numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai terbesarnya adalah cell E4 sampai E13.
  4. MIN
    MIN merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari atau menampilkan nilai terkecil dari suatu range data numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai terkecilnya adalah cell E4 sampai E13.
  5. COUNT
    COUNT merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data numerik dari suatu range yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dihitung jumlah data numeriknya adalah cell B3 sampai E13.
  6. COUNTA
    COUNTA merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah keseluruhan jenis data dari suatu range yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dihitung jumlah datanya adalah cell B4 sampai E13.
  7. COUNTIF
    COUNTIF merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data numerik dari suatu range yang dipilih dengan kriteria tententu yang diinginkan, dalam kasus diatas range yang dihitung jumlah data yang berjenis kelamin perempuan adalah cell D4 sampai D13.
  8. SUMIF
    SUMIF merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menjumlahkan data numerik dari suatu range yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu yang diinginkan, dalam kasus diatas range yang dijumlahkan adalah nilai dari mahasiswi yang diambil dari cell D4 sampai D13 dan cell E4 sampai E13.
  9. IF
    Logika IF merupakan fungsi logika pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenarannya, dalam kasus fungsi logika if pada gambar diatas bertujuan untuk mengetahui mahasiswa lulus atau tidak dengan kriteria lulus yaitu nilai >= 70 dan tidak lulus jika nilai <70. Dengan menggunakan fungsi logika if tersebut user dapat dengan mudah mengidentifikasi yang lulus ataupun yang tidak lulus meskipun data yang diidentifikasi dalam jumlah besar, karena dalam excel fasilitas copy dan paste formula hanya dilakukan dengan cara drag and drop. 
  10. IF Bersarang
    Logika IF bersarang merupakan fungsi logika pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai lebih dari satu logika yang diuji kebenarannya, dalam kasus fungsi logika if bersarang pada gambar diatas bertujuan untuk mengetahui mahasiswa yang mendapatkan nilai A jika nilai >=70, nilai B jika nilai 60-69 dan nilai C jika nilai 47-59. Dengan menggunakan fungsi logika if bersarang tersebut user dapat dengan mudah mengidentifikasi yang mendapat nilai A, B ataupun C meskipun data yang diidentifikasi dalam jumlah besar, karena dalam excel fasilitas copy dan paste formula hanya dilakukan dengan cara drag and drop.
  11. IF OR
    Logika IF OR merupakan fungsi logika pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai benar bila berargumen benar serta hasil dari fungsi ini juga dapat bernilai salah jika seluruh argument salah, dalam kasus fungsi logika IF OR pada gambar diatas bertujuan untuk mengetahui mahasiswa yang lulus jika salah satu nilai laporan 1,2 dan 3 mendapatkan nilai >= 70 dan tidak lulus jika semua nilai laporannya < 70. Dengan menggunakan fungsi logika IF OR tersebut user dapat dengan mudah mengidentifikasi mahasiswa yang lulus ataupun tidak lulus berdasarkan kriteria diatas meskipun data yang diidentifikasi dalam jumlah besar, karena dalam excel fasilitas copy dan paste formula hanya dilakukan dengan cara drag and drop.
  12. IF AND
    Logika IF AND merupakan fungsi logika pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai benar bila berargumen benar serta hasil dari fungsi ini juga dapat bernilai salah jika salah satu argument salah, dalam kasus fungsi logika IF AND bpada gambar diatas bertujuan untuk mengetahui mahasiswa yang lulus jika semua nilai laporan 1,2 dan 3 mendapatkan nilai >= 70 dan tidak lulus jika salah satu nilai laporannya < 70. Dengan menggunakan fungsi logika IF AND tersebut user dapat dengan mudah mengidentifikasi mahasiswa yang lulus ataupun tidak lulus berdasarkan kriteria diatas meskipun data yang diidentifikasi dalam jumlah besar, karena dalam excel fasilitas copy dan paste formula hanya dilakukan dengan cara drag and drop.

Demikian Sekiranya yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua, kurang dan lebihnya saya minta maaf,
Semoga Bermanfaat
Heve FUN.
5 Komentar untuk "Formula dan Fungsi pada MS Excel"

Hmm. susah juga ya ~_~...
harus banyak-banyak belajar...
thanks sob infonya...

Yaa,, sama-sama gan...
memang sering-sering harus dicoba kalau hal spt ini :D
Thank atas kunjungannya sob...

ada perhitungan purposive sampling dengan excel atau spss bos,, beserta cara2nya.. ? tolong bantu gan caranya.. tks

nggak ada gan,,, teknik purposive sampling lebih mengarah ke teknik bagaimana mendapatkan sampel serta data dari sampel, jumlah sampelnyapun tidak tentu tergantung penelitinya.
Perhitungan yang bagaimana yg dimaksud.?

tugas statistik selesai pakai excel
trims bantuannya

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top