Netizen Kecewa dengan Layanan 4G INDOSAT, Sebuah Analisis dari Sosial Media

Portal-Statistik. Hello guys What's up bro ! :)
Oke Sesuai judul yang saya tulis diatas Netizen Kecewa dengan Layanan 4G INDOSAT, Sebuah Analisis dari Sosial Media, kali ini kita akan sedikit membahas tentang layanan 4G Indosat, kenapa Indosat ? yes, karena saya adalah pengguna setia Indosat (IM3) sejak masih sekolah di MAN Selong, sampai sekarang lulus kuliah S1, gak tau juga kenapa, suka aja gitu, disaat semua teman-teman, keluarga menggunakan XL dan saya sendiri pakainya IM3, bahkan 92% Warga NTB pakai XL lho guys. Gak mudah memang, tapi ya begitulah suka aja. haha.

Jadi gini ceritanya. Sejak Indosat meluncurkan layanan 4G-nya di Jogja, ya tentunya saya tidak perlu berpikir panjang lagi untuk segera datang ke Gerai Indosat (yang dekat Tugu Jogja itu lho) untuk upgrade menukarkan kartu lama dengan kartu baru yang support 4G. Ya Indosat memang sangat murah bagi seorang mahasiswa seperti saya apalagi untuk penggunaan paket datanya, sudah beberapa bulan saya pakai paket 4G Indosat 10,3 Gb seharga Rp 15000,- gile murah beneer haha. Selain murahnya, memang saya juga membanggakan kecepatan akses dan jangkauan signal yang sudah mencapai plosok Jogja, kecepatan download dulu pas awal-awal pakai bisa 4-5 Mb/Sec. Luar Biasa !!!

Seiring berjalannya waktu mungkin karena banyaknya pengguna Indosat saat ini atau bagaimana sedang perbaikan atau apa saya juga tidak tahu, aaah sudahlaah Saat ini 4G Indosat SANGAT SANGAT SANGAT LAMBAT PARAAH BANGET, sejak beberapa minggu terahir ini memang benar-benar tidak bisa gerak kalo browsing ke mbah gugle, mau chat BBM, WA, Line lamaa banget baru terkirimnya, apalagi buka Instagram 1 photo aja loadingnya bisa sampai ketiduran gilaak, dan itu baru bisa lancar lagi kalo sudah tengah malam, saat orang-orang sudah mati tidurnya, saya sendiri sangat kecewa memang, tapi ya apadaya. Saya juga tidak tahu bagaimana keadaan jaringan 4G Indosat ditempat lain. Ini adalah pengalaman pribadi saya di kos daearah seturan (dekat kalimilk seturan).

Saya menulis postingan ini tidak ada maksud untuk menjelekkan atau apa. kareana yaa ini adalah pengalaman saya sendiri sebgai user Indosat Ooredoo.

Jadi, untuk memastikan keglisahan saya sendiri tentang jaringan Indosat 4G, dan mungkin pihak Indosat juga nantinya bisa memberikan kebijakan yang bermanfaat kedepannya. Saya melakukan research kecil-kecilan dari apa yang saya tahu. Saya akan mencoba mengetahui persepsi / pandangan / sentiment masyarakat secara umum tentang layanan 4G Indosat ini. Karena mungkin saja hal ini hanya anggapan saya pribadi atau terjadi juga di orang dan tempat lain.

Guna mengetahui hal terebut, saya sedikit memanfaatkan sosial media Twitter. saya mengumpulkan semua cuap-cuap, kicauan-kicauan atau tweet-tweet yang dilakukan pengguna Twitter, saya memasukkan keyword "4G Indosat", artinya semua orang yang ngetweet yang mengandung kata "4G Indosat" akan terambil. Gak usah tanya gimana cara ngambil tweet-tweet itu disini, saya lagi malas buat tutorial haha. O yaa tapi kalau gak salah dulu pernah saya buat tutorialnya How To Get Twitter Authentication using R, nah itu cek disitu aja daftar dulu ke API Twitter, O Ya saya pakai aplikasi R untuk ngambil dan analisis data tweet-tweet tersebut.

Ok, setelah saya coba ambil dan filter sedikit, tweet dari admin akun indosat saya buang karena disana kebanyak orang nanya dan mereka jawab pertanyaan, saya mau mengambil tweet yang khusus dan benar-benar mencurahkan isi hati (aaish) tentang 4G Indosat, kira-kira data tweet seperti itu yang mau saya ambil. Saya tidak mengambil tweet secara keseluruhan, melainkan saya bagi perperiode waktu, hanya 12 hari saja, diambilnya per2hari sekali, 13/14-Sep-16, 15/16-Sep-16, 17/18-Sep-16, 19/20-Sep-16, 21/22-Sep-16, dan 23/24-Sep-16. Jadi semua tweet direntang tanggal itu akan terambil, kenapa gak semuanya ? dari 4G indosat pertama kali ada mungkin? ya tadi diatas sudah saya bilang ini Research Kecil-Kecilan aja, saya ingin lihat apakah ini sekedar prasangkan atau yang lain juga mengalaminya.

Dari semuanya itu total tweet yang saya dapat ada 314 Tweet dari 13-24 September 2016. Kemudian tweet-tweet itu saya apakan? Kalo mungkin teman-teman yang sudah belajar Data Mining khususnya Text Mining sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti Case Folding, Tokenizing/Parsing, Filtering, Stemming, dan kemudian Analyzing. Yah itu tahapan yang dilakukan pada intinya sih ingin melakukan cleaning data, data-data tweet orang-orang dibersihkan dari pengganggu-pengganggu seperti emoticon, angka yang gak penting, kata-kata ALAY, replace kata yang memiliki satu makna, dsb. Tujuannya sih supaya kita tahu intisari dari semua kumpulan tweet-tweet itu.

Oke setelah semua tahapan itu selesai, saya akan coba visualkan kumpulan tweet itu berdasarkan frekuensi kata yang muncul, makin tinggi frekuensi kata yang muncul maka ukuran teks pada wordcloud akan semakin besar juga. Hasilnya kira-kira seperti ini.

WordCloud keyword "4G Indosat" periode 13-24 September 2016
Dapat kalian lihat sendiri hasilnya seperti apa, inti dari tweet-tweet merekan memang benar tentang internet 4g indosat lambat untuk saat ini. Sebenarnya kita juga bisa melihat asosiasi kata-kata yang ada di WordCloud tersebut. Contohnya Kita coba cari asosiasi kata "lambat", dan hasilnya seperti ini.
Silahkan kalian simpulkan sendiri setelah melihat hasil diatas, memang benar netizen saat ini sedang mengeluhkan layanan 4G Indosat yang lambat.

Selanjutnya saya akan melakukan Sentiment Analyst berdasarkan tweet per 2 hari tersebut. Saya pakainya machine learning yaitu Klasifikasi,  ada 2 yang saya coba didata ini yaitu dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM) dan Naive Bayes Classifiers. Jadi gini, dari 314 Tweet itu saya ambil sampel secara random/acak, untuk menentukan jumlah sampel yang diambil saya pakai Rumus Slovin (gak usah tanya kayak gimana searching aja), setelah dapat jumlahnya saya klasifikasikan, tweet-tweet seperti "4g nih indosat speednya kalah sama 3g operator lain hadeeeh kumat deh 4g rasa edge", "kalau gebetan kamu hilang datang bisikin aja kamu hilang datang kayak signal 4g indosat", "sinyal 4g indosat masih kalah cepet sama sinyal 3g telkomsel haha" dimasukkan kedalam Sentiment Negative.  Dan tweet-tweet seperti "aku pke 4g indosat lancar jaya disini", "perdana indosat 4g kuota 10gb harga murah meriah", "bisa upgred simcard 4g indosat secara onlaine", "kartu paketan indosat ooredoo murah" dimasukkan kedalam Sentiment Positive.

Oke, setelah selesai, kita coba running machine learningnya, Naive Bayes Classifiers menghasilkan tingkat akurasi 50% saja, sedangkan Support Vector Machine (SVM) menghasilkan tingkat akurasi sebesar 92.5%. Sehingga kita putuskan untuk menggunakan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM)  untuk memprediksi sentiment netizen tersebut.

Inilah Hasilnya


Yaah itulah dasar saya membuat judul seperti diatas, karena ini bukan murni subjective dari saya sendiri, itu adalah kata-kata dari netizen pengguna twitter yang memang benar bahwa sentiment negative lebih mendominasi dari pada sentiment positive.

Oke Tenkyuu semuanya.
Have Fun !!
1 Komentar untuk "Netizen Kecewa dengan Layanan 4G INDOSAT, Sebuah Analisis dari Sosial Media"

scriptnya gan. berbagi itu indah

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top