Amankan Akun Google Anda dengan Verifikasi 2 Langkah

Portal-Statistik, Hello What's Up Gaesss, oke I'm Back, kali ini kita akan membahas cara untuk mengamankan atau melindungi akun google kita, artikel ini sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu sempat saya pikirkan namun baru terealisasi untuk menulisnya sekarang.

Oke sesuai dengan judul diatas, seperti kita dan teman-teman sudah ketahui saat ini atau akhir-akhir ini sangat banyak sekali teman-teman kita yang kehilangan akses ke akun google pribadinya, kehilangan akses ke akun email utama misalnya, bisa dibayangkan sendiri seperti apa rasanya, orang tersebut bisa saja membaca, menyalin, menghapus, berpura-pura menjadi anda dengan mengirimkan email ke rekan anda dan sebagainya, mereka dapat menyetel ulang kata sandi untuk akun yang lainnya seperti game, belanja, perbankan dan sebagainya. Sungguh mengerikan bukan ?
ini contohnya akun email teman saya diambil alih orang lain,  dia galau berhari-hari itu haha :D
Oleh sebab itu kita sebagai pemilik akun haruslah berusaha sekuat tenaga untuk menghindari hal tersebut, caranya bagaimana? Ya menggunakan pengaman yang sudah disediakan google, Verifikasi 2 Langkah, Apa itu? Bagaimana Cara Kerjanya ? Saya jelaskan sedikit

Jadi begini, Verifikasi 2 langkah ini merupakan sebuah pengaman ekstra, sebuah pengaman tambahan yang akan mengecilkan peluang/risiko akun google/email diambil alih oleh orang, seperti kita tahu bahwa biasanya untuk mengakses email misalnya kita hanya perlu memasukkan alamat email kemudian password, namun dengan verifikasi 2 langkah yang perlu kita lakukan untuk mengakses akun google adalah, memasukkan alamat email kemudian password kemudian verifikasi lagi (ada banyak jenisnya, nanti saya jelaskan pas tutorialnya), kalo saya sih biasanya pake metode verifikasi dari smartphone dengan aplikasi Authenticator, Pengiriman SMS, dan Kode Keamanan. Intinya seperti itu, meskipun kita agak ribet memang dalam melakukan login tapi ini cukup aman menurut saya,  karena apa ? jika seseorang ingin mengambil alih kata sandi anda dia mungkin harus berpikir 2 3 kali baru melakukannya. Karena
  1. Dia harus mencuri Handphone Anda, atau
  2. Dia harus mencuri Laptop/Komputer Anda, atau
  3. Dia harus menjadi hack*r kelas atas untuk menembus 2 lapis baja security google.
Oke, mari kita lihat bagaimana cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah google tersebut.
  1. Silahkan Login ke akun Google yang ingin anda lindungi
  2.  Masuk ke settingan verifikasi 2 langkah, klik GET STARTED
  3. Masukkan Nomor Handphone anda, klik TRY IT
  4. Masukkan kode yang dikirim ke ponsel anda - NEXT - TURN ON, anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan metode, seperti yang saya singgung diatas, saya biasanya menggunakan 2 metode yaitu Backup Codes dan Authenticator Apps.
    Kenapa kedua metode itu? pertama saya menggunakan Authenticator Apps, ini adalah aplikasi yang di download di playstore android atau bisa juga pada iPhone atau BlcakBerry, aplikasi ini dapat berjalan secara offline yang akan menggenerate kode unik yang diberikan kepada anda untuk mengakses akun. Kedua menggunakan metode Backup Codes, metode ini memungkinkan kita untuk bisa mengakses akun meskipun kita sedang tidak membawa handphone, kode-kode unik akan diberikan dan kita siapkan didompet atau dimanapun, sehingga dengan ini tidak ada kata tidak bisa dalam mengakses akun.
  5. Silahkan klik saja SETUP pada 2 metode tersebut, dan ikuti intstruksinya
    Metode Aplikasi Authenticator, ikuti instruksi seperti di gambar
    Metode Backup Codes, simpan kode tersebut dalam dompet anda.
  6.  Oh ya selanjutnya, anda dapat melakukan setup pada perangkat milik anda, alias perangkat yang anda percayai, karena jika mengaktifkan ini, kita tidak perlu repot-repot untuk verifikasi 2 langkah hanya pada perangkat milik kita saja, namun tetap verifikasi 2 langkah pada perangkat lain yang bukan milik kita.
  7. Selanjutnya untuk bisa login anda dapat memilih beberapa pilihan sesuai dengan situasi dan kondisi anda saat itu.
    Oke, terimakasih, selamat menggunakan metode verifikasi 2 langkah guna mengamankan akun anda. HAVE FUN gaaess.
0 Komentar untuk "Amankan Akun Google Anda dengan Verifikasi 2 Langkah"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top