Syarat RBSL antara lain:
a. Jumlah perlakuan = jumlah baris = jumlah kolom
b. Pengacakan, setiap perlakuan harus muncul sekali di setiap baris dan sekali di setiap kolom
Contoh soal:
Jurusan Matematika ingin mengevaluasi kemampuan mengajar empat profesornya. Setiap profesor mengajar empat kelas. Berikut data yang dihasilkan :
a. Uji untuk pengaruh waktu:
- Hipotesis :
H0: tidak ada perbedaan antar pengaruh waktu
H1: minimal ada satu pengaruh waktu yang berbeda - Tingkat signifikansi α= 0.05
- Daerah kritis :
H0 ditolak jika F hitung > F tabel - Statistik Uji :
F hitung = Nilai F value variabel waktu pada tabel anova di atas = 3.30 - Keputusan dan Kesimpulan :
Karena F hitung = 3.30 dan F tabel (α=0.05, db1=3, db2=6) = 4.76 , sehingga F hitung < F tabel, maka gagal tolak H0.
Jadi, tidak ada perbedaan antar pengaruh waktu
- Hipotesis :
H0: tidak ada perbedaan antar pengaruh mata kuliah
H1: minimal ada satu pengaruh mata kuliah yang berbeda - Tingkat signifikansi α= 0.05
- Daerah kritis :
H0 ditolak jika F hitung > F tabel - Statistik Uji :
F hitung = Nilai F value variabel mata kuliah pada tabel anova di atas = 3.30 - Keputusan dan Kesimpulan :
Karena F hitung = 1.76 dan F tabel (α=0.05, db1=3, db2=6) = 4.76 , sehingga F hitung < F tabel, maka gagal tolak H0.
Jadi, tidak ada perbedaan antar pengaruh mata kuliah
- Hipotesis :
H0: tidak ada perbedaan antar pengaruh perlakuan
H1: minimal ada satu pengaruh perlakuan yang berbeda - Tingkat signifikansi α= 0.05
- Daerah kritis :
H0 ditolak jika F hitung > F tabel - Statistik Uji :
F hitung = Nilai F value variabel perlakuan pada tabel anova di atas = 3.30 - Keputusan dan Kesimpulan :
Karena F hitung = 5.03 dan F tabel (α=0.05, db1=3, db2=6) = 4.76 , sehingga F hitung > F tabel, maka H0 ditolak.
Jadi, minimal ada satu pengaruh perlakuan yang berbeda
Keputusan dan Kesimpulan :
Dari tabel Tukey Grouping diketahui bahwa :
Dari tabel Tukey Grouping diketahui bahwa :
- Pengaruh perlakuan professor A tidak berbeda dengan pengaruh perlakuan professor B dan D, tetapi pengaruh perlakuan professor A berbeda dengan pengaruh perlakuan professor C.
- Pengaruh perlakuan professor B tidak berbeda dengan pengaruh perlakuan professor A, D, dan C.
- Pengaruh perlakuan professor D tidak berbeda dengan pengaruh perlakuan professor A, B, dan C.
- Pengaruh perlakuan professor C tidak berbeda dengan pengaruh perlakuan professor B dan D, tetapi pengaruh perlakuan professor C berbeda dengan pengaruh perlakuan professor A.
HAVE FUN.
0 Komentar untuk "Rancangan Bujur Sangkar Latin dengan SAS"
Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.