Tips Berkunjung Ke Lombok yang Murah dan Menyenangkan, Hanya RP 211.500 Mau?

Portal-Statistik | Semangat pagi sahabat blogger sekalain, Semoga dalam keadaan sehat selalu, Portal-Statistik sudah lama vakum nih dalam dunia blogger, karena banyak sekali kesibukan akhir-akhir ini, maklum nah admin lagi semester akhir hihihi, doain ya supaya skripsi lancar aamiin !

Yak, sesuai dengan judul postingan diatas, kali ini Portal-Statistik ingin berbagi tips terkait dengan perjalanan ke salah satu pulau yang ada di Indonesia. Ya PULAU LOMBOK atau dikenal dengan PULAU SERIBU MASJID, Pulau Lombok akhir-akhir ini sangat banyak diperbincangkan di berbagai kalangan terkait keindahan alam yang dimilikinya, banyak sekali wisatawan nusantara maupun mancanegara mulai berdatangan ke pulau ini.

Pulau Lombok saat ini telah menjelma sebagai salah satu Ikon wisata di Indonesia, Keindahan pulau, Keramahan masyarakat Sasak, Keindahan pantainya yg sangat putih, terumbu karang dan kekayaan hayati yg luar biasa, Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.

Oleh karena itu, anda sebagai traveler yang suka pertualangan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pulau keren ini, dalam tulisan ini saya akan berbagai tentang Tips Berkunjung Ke Lombok yang Murah dan Menyenangkan, Hanya RP 211.500.
Tulisan ini ada baiknya dibaca bagi yang ingin melakukan perlajalan backpackeran ke Lombok. 
Perjalanan ini yang akan kita tempuh :D
Judul diatas tidak mengada-ada, ini sudah saya coba dan buktikan sendiri, sekarang tinggal giliran kalian.
Dalam artikel ini, perjalanan saya mulaikan dari Yogyakarta.

Sebelum melakukan perjalanan ini, sebaiknya anda menyiapkan semua barang bawaan dengan baik dan tidak terlalu banyak, secukupnya saja. Jangan lupa persiapkan makanan ringan yang banyak karena perjalanan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama.

# Perjalanan Pertama Rp 100.000.-

Perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta menuju Stasiun Banyuwangibaru Jawa Timur.
 
Ya, perjalanan kita pertama adalah dengan menggunakan Kereta Api, silahkan anda booking tiketnya terlebih dahulu, tiket dapat dipesan di stasiun langsung, alf*mart, ind*mart, atau dengan booking sendiri secara online. Saran dari saya, anda lebih baik booking sendiri dari website PT KERETA API INDONESIA di alamat https://tiket.kereta-api.co.id/ kemudian membayar via ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau apapun jenis fasilitas yang anda miliki, karena dengan melaukan booking sendiri, kita akan lebih bebas memilih tempat duduk, terlebih jika anda berangkat dengan teman atau pasangan supaya tempat duduk anda tidak tercecer.

Perjalanan ini memakan waktu hingga 14 Jam, perjalanan ini akan sangat membosankan jika anda tidak memiliki aktivitas apapun di kereta. Untuk itu, sebaiknya anda mempersiapkan apa saja yang bisa membuat anda tidak booring seperti membawa stick game, kartu, film, buku bacaan dan lain sebagainya sesuai dengan selera anda. Pengalaman diperjalanan 14 Jam saya dulu dihabiskan untuk tidur dan bermain game PES bersama teman-teman sehingga perjalanan ini terasa seru dan menyenangkan.

# Perjalanan Kedua Rp 7.500.-

Perjalanan menggunakan kapal Ferry untuk menyebrang dari Pelabuhan Ketapang Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali
 
Sesampai di Stasiun Banyuwangibaru, ini adalah pemberhentian terakhir kereta, silahkan anda menuju pintu keluar Stasiun dan silahkan istirahat sejenak melepaskan penat, anda bisa menikmati menu makan malam disini sambil beristirahat dan minum kopi. Pulihkan tenaga terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan, persediaan makanan ringan anda perlu ditambah lagi karena setelah ini perjalanan panjang akan kita lalui heheh.

Mari melanjutkan perjalanan…
Selesai santap malam dan istirahat, tenaga sudah pulih silahkan lanjutkan perjalanan anda menuju Pelabuhan Ketapang, lokasinya tidak jauh dari stasiun anda bisa berjalan menuju kesana, jaraknya kurang lebih 150 M.
Sesampai di Pelabuhan Ketapang, silahkan beli tiket terlebih dahulu, harganya cukup murah, hanya Rp 7.500.-

Perjalanan dari Pelabuhan Ketapang Jawa Timur menuju Pulau Bali memakan waktu hanya 30 Menit, anda dapat bersantai diatas kapal sambil menghirup udara malam yang segar sambil menikmati bintang dilangit yang cerah dan di tengah lautan. Perjalanan ini cukup nyaman menurut saya, kita bisa bersantai dengan lepas di bagian atas kapal sambil menikmati cemilan dan kopi hangat.
Selamat Datang di pulau Dewata BALI !

# Perjalanan Ketiga Rp 60.000.-

Perjalanan menggunakan bus mini melintasi daratan Bali dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Padangbai
Sesampai anda di Pulau Dewata Bali, silahkan keluar pelabuhan, ada petunjuk arahnya kok atau tanya aja sama petugas pintu keluar pelabuhan dimana, selama perjalanan anda keluar pelabuhan ada beberapakali pemeriksaan terlebih dahulu, Bali agak ketat soalnya, siapkan saja identitas yang anda miliki.

Diluar area pelabuhan silahkan menuju terminal kecil didekat sana, pilihlah bus mini yang ada disana, jangan menggunakan bus besar karena harganya cukup mahal, dengan menggunakna bus mini ini anda hanya perlu membayarkan uang sebesar Rp 60.000 itu standarnya. Silahkan gunakan kemampuan tawar-menawar anda hingga mendapatkan harga terendah.

Periksa barang bawaan anda terlebih dahulu, jaga dengan baik, jangan ketiduran terlalu lelap, jangan lengah, ini Bali bukan tanah Jawa, disini rawan pencopetan. Karena pengalaman waktu pulang ke Lombok kemarin salah satu teman saya kecopetan dalam Bus.

Anda akan sampai ke pelabuhan selanjutnya yaitu Padangbai sekitar azan subuh, saat itu segeralah untuk membeli tiket kapal Ferry untuk penyebrangan ke Pelabuhan Lembar Lombok.

# Perjalanan Keempat Rp 44.000.-

Perjalanan menggunakan kapal Ferry untuk menyebrang dari Pelabuhan Padangbai Bali menuju pelabuhan Lembar Lombok.

Tetap semangat kawan, anda sebentar lagi memasuki pulau seribu masjid yang sangat indah dan nyaman!

Silahakn bagi yang beragama Islam bisa shalat subuh terlebih dahulu di kapal, setelah itu anda dapat bersantai di serambi kapal sambil menikmati segelas kopi hangat dan langsung menikmati Sunrise !
Perjalanan ini memakan waktu hingga 4 – 5 Jam tergantung arus dan kecepatan kapal. Anda bisa mengisi waktu ini dengan bersantai ataupun istirahat.

SELAMAT DATANG DI PULAU LOMBOK, PULAU SERIBU MASJID, PULAU YANG INDAH

Selamat Menikmati Perjalanan Anda !
Hati-Hati di Lombok Ya !

Terimakasih
Have Fun
Tag : wisata
2 Komentar untuk "Tips Berkunjung Ke Lombok yang Murah dan Menyenangkan, Hanya RP 211.500 Mau?"

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, maupun saran dari sobat blogger tentang apa yang sobat rasakan setelah mengunjungi blog ini.

Back To Top